Cari Training



Contact Expertindo

Kantor Expertindo Training
Jl. Kaliurang Km 10, Kompleks Perum Puri Gentan Asri No 11, Yogjakarta

Phone

  • 082327539001 - Tlp/SMS/WA (Triyuni Saputri)
  • 085385532986 - Tlp /SMS/WA (Nafis Afiana)
  • 081392639023 (Eli)

Fax: 0274-4532686

 

Email

mail@expertindo-training.com

expertindotraining@gmail.com







Fraud In Procurement

Home / Fraud In Procurement



Deskripsi

Proses procurement merupakan proses pengadaan barang dan jasa dari suatu institusi. Aktivitas yang dilakukan dalam proses procurement diantaranya adalah pemilihan supplier, merancang hubungan yang baik dengan supplier, dan melakukan proses pembelian. Seiring dengan perkembangan perusahaan yang semakin maju maka akan meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dalam segala bidang, baik dengan supplier ataupun dengan konsumen. Banyaknya transaksi yang dilakukan tersebut dapat memungkinkan terjadinya penyimpangan atau fraud. Fraud yang berkaitan dengan pengelolaan, pembelian dan pengadaan barang dan jasa sering kali menjadi sorotan dalam proses audit baik internal maupun eksternal, sebab di bagian ini sering terjadi capital turn over perusahaan yang cukup besar. Sehingga, potensi terjadinya fraud cukup besar.

Hal – hal yang berkaitan dengan fraud menjadi salah satu penyebab pembengkakan biaya perusahaan yang akan menyebabkan menurunnya daya saing perusahaan. Oleh karena itu, dalam upaya menaikkan nilai competiveness perusahaan, diperlukan personil-personil yang memahami dan dapat mengimplementasikan konsep anti fraud dalam aktivitas pengelolaan, pembelian dan pengadaan barang maupun jasa.

 

Tujuan

  1. Memahami prosedur dan administrasi di dalam proses procurement.
  2. Mempelajari secara nyata penipuan dalam hal pengeloalaan, pembelian, dan pengadaan baik barang maupun jasa.
  3. Memahami mengapa procurement fraud sangat sulit di deteksi.
  4. Mengidentifikasian langkah-langkah spesifik dalam organisasi untuk mengurangi keterkaitan dalam penipuan pembelian.
  5. Mendeteksi dan menyelidiki kecurangan pada proses  procurement.

Materi

Pengantar Procurement
-          SOP Procurement
-          Administrasi dalam procurement
-          Kode etik procurement
-          Negosiasi dan kontrak
Pengantar Fraud
-          Dasar terjadinya fraud
-          Jenis- jenis fraud
-          Fraud dalam proses procurement
-          Karakteristik fraud pada procurement
Identifikasi fraud
-          Penyimpangan administrasi
-          Penyimpangan perdata
-          Penyimpangan pidana
Kerugian keuangan akibat terjadinya penyimpangan (fraud)
-          Teknik menghitung kerugian
-          Study kasus
Pencegahan fraud in procurement
Studi kasus

 

Metode  training

Presentasi, lecture, studi kasus, tanya jawab, brainstorming, diskusi,

 

Peserta

Karyawan bagian Procurement, administrasi, dan department lain yang berhubungan dalam proses pembelian dan pengadaan barang maupun jasa.

 

Investasi dan Fasilitas

             Rp.5.900.000 (Non Residential) 

             Quota minimum 2 peserta

             Fasilitas : Certificate,Training kits, USB,Lunch,Coffe Break, Souvenir 

             Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta) 

 

Instruktur:

IR. Elisa Kusrini,MT,CPIM 

Profesional trainer dan konsultan dibidang Production and Operational Management.  Magister Teknik Industri diperoleh dari  Jurusan Teknik Industri Insitut Teknologi Bandung dan mendapat gelar IR dari Jurusan Teknologi Industri Universitas Gadjah Mada. Mendapatkan sertifikasi  internasional dibidang produksi dan Inventory CPIM (Certified in production and Inventory Management) dari APICS Amerika. Dengan pengalaman   memberikan training  lebih dari 50 perusahaan, baik  pada perusahaan BUMN maupun Perusahaan Swata (Nasional dan PMA) dalam  berbagai bidang antara lain Supply Chain Management,Manajemen operasi dan Sistem produksi,Material Management dan  Manajemen 5S. Beberapa Instansi yang pernah mengikuti training berasal dari berbagai jenis industri baik perminyakan, industri manufaktur,Industri Kimia, industri Listrik,industri Food and beverage , Industri property, industri jasa logistik. Beberapa instansi tersebut antara lain: Chevron, PT. Bredero Shaw Batam, PT. Kaltim Pasific Amonia, PT. Kaltim Parna Industri, PT. Pupuk Kujang, PT. Pupuk Sriwidjaya,PT. Tranportasi  Gas Indonesia, PT.Kievit Indonesia, PT. Bank  Rakyat Indonesia, PT. Pertamina EP Cirebon,PT. Semen Gresik, PT. Petrokimia, PT. Star Energy, BP MIGAS, PT. Arun  NGL Aceh , PT.  United Tractor Semen Gresik, PT Konsulta Semen Gresik, PT. Indonesia Power, PT. PJB ,PT. Ipmomi Paiton, PT. Pupuk Tonasa, PT. Kaltim Industrial Estate, PT. Energasindo, PT. Inka Madiun, PT. Vico ,PT. Sambas Kaltim, PT. Pupuk Kaltim, PT.Medco, PT. Petrochina int., PT. Kereta Api Indonesia, JOB Pertamina Lekom Maras, PT. MCTN Riau, PT. Garuda Food Pati, PT. BSP – Pertamina Hulu, PT. Chiel  Jedang  Superfeed, PT. Pertamina doh Kalimantan,PT. PJB UPHT Gresik, PT. Bukit Asam, PT. Aneka Tambang, PT. Sariboga ,PT. Indominco Mandiri Bontang, PT. Semen Tonasa,PT.Pos ,  Perum  LKBN Antara, PT. Harian Pikiran Rakyat,PT. NHM, PT Timah, Yakes Telkom,PT. Medco Agro, PT. Pertagas Pertamina.  Juga Aktif mengajar sebagai dosen   pada program Sarjana dan Pasca Sarjana Magister Teknik Industri Universitas Islam Indonesia  Yogyakarta.