Cari Training



Contact Expertindo

Kantor Expertindo Training
Jl. Kaliurang Km 10, Kompleks Perum Puri Gentan Asri No 11, Yogjakarta

Phone

  • 082327539001 - Tlp/SMS/WA (Triyuni Saputri)
  • 085385532986 - Tlp /SMS/WA (Nafis Afiana)
  • 081392639023 (Eli)

Fax: 0274-4532686

 

Email

mail@expertindo-training.com

expertindotraining@gmail.com







IMPLEMENTASI ASAS-ASAS HUKUM KONTRAK BERDASARKAN KONVENSI INTERNASIONAL DALAM STRATEGI MELINDUNGI DAN MENGANTISIPASI KESALAHAN DAN RESIKO DALAM PENYUSUNAN KONTRAK (CONTRACT DRAFTING) YANG DAPAT MENGAKIBAT KERUGIAN BAGI PARA PIHAK

Home / IMPLEMENTASI ASAS-ASAS HUKUM KONTRAK BERDASARKAN KONVENSI INTERNASIONAL DALAM STRATEGI MELINDUNGI DAN MENGANTISIPASI KESALAHAN DAN RESIKO DALAM PENYUSUNAN KONTRAK (CONTRACT DRAFTING) YANG DAPAT MENGAKIBAT KERUGIAN BAGI PARA PIHAK

Kategori:
Law


Deskripsi

Kontrak yang memuat kewajiban dan hak bagi para pihak harus sesuai dengan  asas-asas hukum kontrak yang berlaku pada suatu negara tertentu. Terlebih jika kontrak tersebut dalam ruang lingkup bisnis internasional, transaksi yang akan terjadi harus mampu menjangkau para pihak yang berada di negara berbeda. Dalam hukum kontrak mengenal dua istilah yakni, kontrak nominaat dan kontrak innominaat. Kontrak nominaat merupakan kontrak yang biasa dikenal di dalam Hukum perdata khususnya KUHPerdata. Sedang kontrak innominaat timbul karena asas kebebasan berkontrak sebagaimana tercantum dalam Pasal 1338 KUHperdata. Hal tersebut juga berlaku bagi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan BUMS (Badan Usaha Milik Swasta).  Contract Drafting tidak lepas dari kemungkinan resiko kesalahan yang dapat berakibat kerugian. Resiko perusahan swasta maupun BUMN dalam contract drafting harus dikelola secara proaktif, terlebih jika berhubungan dengan negara lain maupun perusahaan asing atau internasional. Contract Drafting adalah instrument yang penting dalam merangkai hubungan hukum dan mengamankan transaksi atau aktifitas bsinis para pihak baik dalam negeri maupun internasional.

       Oleh karena itu, dalam contact drafating khususnya bisnis internasional para pihak harus memperhatikan prinsip atau asas-asas UNIDROIT (Principles of International Commercial Contract) dan Konvensi PBB tentang Kontrak Jual Beli Barang Internasional ( CISG/ United Nations Convention on International Sale of Good). Prinsip-prinsip UNIDROIT bertujuan untuk menentukan aturan umum bagi kontrak komersial internasional yang dapat memberikan solusi terhadap masalah yang timbul ketika terbukti, bahwa tidak mungkin menggunakan sumber hukum yang relevan dengan hukum yang berlaku di suatu negara. Disamping itu, prinsip-prinsip UNIDROIT dapat digunakan sebagai sumber hukum yang dijadikan acuan dalam mentafsirkan ketentuaan hukum kontrak yang tidak jelas.

Prinsip atau asas UNIDROIT dan Konvensi Internasional yang terkait dapat menjadi embrio permbaruan contract drafting khususnya BUMN di Indonesia, karena asas-asas dalam UNIDROIT ini masih belum dikenal secara umum di Indonesia.

 

Tujuan

  1. Peserta memiliki kemampuan mengkualifikasi dan inventasrisasi dokumen hukum perusahaan.
  2. Peserta memiliki kemampuan menyusun kontrak atau contract drafting dengan pihak asing atau internasional dan rekes-rekes sebagai bukti formal normatif.

Memberikan pemahaman bahwa UNIDROIT sangat dibutuhkan dalam penyusunan kontrak atau contract drafting untuk menghindari resiko maupun kesalahan-kesalahn mendasar dalam kontrak yang berakibat fatal bagi para pihak

Materi

  1. Asas hukum kontrak 
    1. Kesepakatan 
    2. Itikad baik 
    3. Persamaan hak
    4. Kebebasan berkontrak
  2. Sumber hukum kontrak
  3. Aspek hukum kontrak
  4. Langkah perancangan kontrak dan strategi perancangan kontrak
    1. Tahap pra kontrak
    2. Tahap pelaksanaan
    3. Tahap maintenance
    4. Tahap evaluasi
  5. Kontrak Bisnis Internasional
    1. Pemahaman terhadap kontrak bisnis internasional
    2. Perbandingan sistem hukum (common law dan sivil law)
    3. Pemahaman terhadap elemen kontrak bisnis internasional
  6. Kontrak baku
    1. Pemahaman terhadap pengertian kontrak baku
    2. Penerapan asas-asas penting dalam kontrak baku
  7. Pemahaman terhadap faktor-faktor pendukung dalam perancangan kontrak baku
    1. Bahasa hukum
    2. Legal opinion
    3. Pengarsipan kontrak dan teknik dokumentasi kontrak
  8. Case and Study

 

Metode

Presentasi, Group Discussion ,Studi Kasus 

Peserta

  1. Direksi BUMN dan BUMS                                                       
  2. Kepala/ Staff Hukum (Legal) BUMN dan BUMS
  3. Kepala/ manajer Proyek dan Dfarter Kontrak pada BUMN dan BUMS

Fasilitas

             Quota minimum 2 peserta

             Fasilitas : Certificate,Training kits, USB,Lunch,Coffe Break, Souvenir 

             Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta) 

 

Instruktur

Agung Wibowo S.H MKn and team