Cari Training



Contact Expertindo

Kantor Expertindo Training
Jl. Kaliurang Km 10, Kompleks Perum Puri Gentan Asri No 11, Yogjakarta

Phone

  • 082327539001 - Tlp/SMS/WA (Triyuni Saputri)
  • 085385532986 - Tlp /SMS/WA (Nafis Afiana)
  • 081392639023 (Eli)

Fax: 0274-4532686

 

Email

mail@expertindo-training.com

expertindotraining@gmail.com















MITIGASI RISIKO SISTEM INFORMASI PERBANKAN (SIM PERBANKAN)

Home / MITIGASI RISIKO SISTEM INFORMASI PERBANKAN (SIM PERBANKAN)



Deskripsi

Pelatihan  ini akan menjelaskan kepada peserta  bagaimana Teknologi Informasi diterapkan untuk  membantu  mencapai keseimbangan yang tepat antara pencapaian peluang bisnis dengan keuntungan  dan pada saat yang sama meminimalkan kerugia (losses).

 

Hal ini adalah bagian integral dari praktek manajemen yang handal dan merupakan elemen penting dari tata kelola perusahaan yang baik. Ini merupakan proses berulang yang terdiri dari langkah-langkah yang integratif,  dan ketika dilakukan secara berkelanjutan akan memungkinkan tercapainya perbaikan yang konsisten, khususnya terkait  pengambilan keputusan yang berbasis pada Sistem Informasi  Perbankan yang  platform utamanya adalah Teknologi Informasi.

 

Pelatihan Mitigasi Risiko Sistem Informasi Perbankan  mencakup aspek bagaimana untuk membangun infrastruktur dan budaya yang tepat dan menerapkan metode logis dan sistematis serta  membangun konteks, mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, memperbaiki, pemantauan dan mengkomunikasikan  risiko Sistem Informasi Perbankan.

Tujuan

Pelatihan ini juga membahas hal-hal yang terkait dengan aktivitas, fungsi atau proses dengan cara yang akan memungkinkan organisasi untuk meminimalkan kerugian dan memaksimalkan keuntungan.  Setelah mengikuti pelatihan  ini peserta akan mampu dalam hal::

 

• Membangun konsep manajemen risiko untuk Sistem Informasi Manajemen Perbankan (SIM Perbankan)

• Mengidentifikasi dan menganalisis risiko dalam operasi SIM Perbankan  dan memahami implikasi terhadap  operasi bisnis secara keseluruhan

• Memperbaiki  tingkat risiko operasi SIM  Perbankan melalui penerapan dan pelaksanaan metodologi manajemen risiko Teknologi Informasi  dan Best Practice

• Mendukung pencapaian tujuan bisnis organisasi dengan memberikan perspektif yang komprehensif dari manajemen risiko SIM Perbankan  untuk  manajemen eksekutif organisasi

• Rencana untuk menerapkan sarana guna  mengidentifikasi, menganalisis, melakukan eradikasi  dan mengkomunikasikan risiko dalam siklus manajemen risiko.

Materi

  • Segmen 1:

Pengenalan Manajemen Risiko

Segmen ini akan mendefinisikan proses identifikasi atas kerentanan  (vulnarability) dan ancaman (threats)  terhadap sumber daya Sistem  Informasi Manajemen Perbankan yang digunakan oleh sebuah organisasi Bank  dalam mencapai tujuan bisnis dan dijelaskan pula mekanisme yang dapat digunakan untuk menanggulangi risiko dan ancaman yang melekat pada sistem informasi.

 

  • Segmen 2 :

Proses Manajemen Risiko

Pada segmen ini para peserta pelatihan akan belajar untuk mengenali masalah b dalam proses manajemen risiko seperti berikut ini :

• Identifikasi dan klasifikasi sumber informasi atau aset yang membutuhkan perlindungan

• Menilai dan mengidentifikasi  ancaman (threats) dan kerentanan (vulnarability) dan tingkat  kemungkinan kemunculannya (occurances) pada saat pengoperasian Sistem Informaasi Manajemen perbankan

 

Segmen 3: Indikator Risiko

 

Segmen ini akan menjelaskan pada para peserta pelatihan  tentang perlunya manajemen risiko Sistem Informasi Maajemen Perbankan untuk beroperasi pada beberapa tingkat dengan indikator risiko sebagai berikut:

 

Operasi : risiko yang dapat membahayakan efektivitas SIM   Perbank dan infrastruktur pendukung

 

Proyek : risiko manajemen perlu fokus pada kemampuan untuk memahami dan mengelola kompleksitas proyek

 

Strategis : pergeseran fokus risiko pertimbangan seperti seberapa baik kemampuan Teknologi Informasi  selaras  dengan strategi bisnis

 

Segmen 4:

Pengelolaan Data

Segmen ini akan menjelaskan kepada peserta  terkait dengan tindakan yang  disengaja maupun  tidak disengaja yang menyebabkan kehilangan data, dan menekankan pada aspek-aspek yang terkait dengan  tanggung jawab organisasi seperti:

 

• Mencegah terjadinya kehilangan data (data loss)

• Pemulihan dari kehilangan data (data loss recovery)

• Biaya akibat kehilangan data  (cost of data loss)

 

Segmen 5:

Manajemen Risiko yang Efektif

Segmen ini akan menjelaskan kepada para peserta bagaimana membangun program manajemen risiko yang efektif yang mencakup :

 

• Menetapkan tujuan program manajemen risiko

• Menetapkan tanggung jawab untuk manajemen risiko

 

Segmen 6:

Tingkat Kematangan Manajemen Risiko

Segmen  pelatihan ini akan menguraikan kepada peserta pelatihan peta tingkat kematangan (road map) manajemen risiko yang terkait dengan SIM Perbankan,  kerangka acuan tingkat kematangan pengelolaan  akan didasarkan pada konsep tingkat kematangan CMM (Capability Maturity Model)

 

Segmen 7:

Manajemen Risiko SIM Perbankan

Segmen pelatihan ini akan menjelaskan kepada peserta pelatihan tentang  manajemen risiko Teknologi Informasi yang merupakan bagian dari tata kelola Teknologi Informasi (information technology governance) yang meliput: identifikasi, pengkajian dan penilaian, dan prioritas risiko operasi Sistem Informasi Perbankan, dan dilanjutkan dengan  pendayagunaan sumber daya SIM Perbankan yang  terkoordinasi dan ekonomis, dengan tujuan utama  meminimalkan, memantau, dan mengendalikan  probabilitas dan kemungkinan  timbulnya dampak akibat terjadinya bencana yang mengenai Sistem Informasi Manajemen Perbankan.

 

Segmen 8: Studi Kasus

Dalam pelatihan ini peserta akan secara kelompok dan bersama-sama membahas kasus-kasus yang spesifik terkait mitigasi risiko Informasi Manajemen Perbankan (SIM Perbankan) dengan telaah pada risiko-risiko yang melekat pada operasi maupun infrastruktur SIM perbankan.

 

Peserta

Manager yang terlibat dalam kegiatan operasi  SIM  Perbankan

1. Staf departemen Sistem Informasi Manajemen  dan eksekutif yang terlibat dalam manajemen risiko dan perbaikan proses bisnis

2. Para profesional Teknologi Informasi yang terlibat dalam proyek-proyek  aplikasi sistem Teknologi Informasi  dan otomatisasi proses bisnis

3. Profesional Teknilogi Informasi terutama dari perusahaan diatur untuk menerapkan manajemen risiko dan manajemen risiko Teknologi Informasi  seperti Bank dan perusahaan negara .

 

 

Investasi dan Fasilitas

Quota minimum 2 peserta
Fasilitas : Certificate,Training kits, USB,Lunch,Coffe Break, Souvenir
Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel (berlaku bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 peserta)

 

Instruktur

Dr. Ir. Fauzi Hasan  MM., MBA., PMP., CISA., CISSP., SSCP., MPM.,CISM., CGEIT., CPRC., CSCP., CWM.,APICS., Cert. , ITIL Expert, Change Management (APMG)., Prince2 & Team

.