Android 12 Rilis Dengan Beberapa Fitur Baru

Android 12 Rilis Dengan Beberapa Fitur Baru
September 9, 2021 No Comments » News adminwebsite

Android 12 Rilis Dengan Beberapa Fitur Baru

 

6 Fitur Baru yang Hadir di Android 12 Halaman all - Kompas.com

 

Versi tersebut akan segera dirilis dengan perombakan yang yang lebih segar. Android 12 masih dalam versi beta yang secara tidak langsung memberikan bocoran seperti apa versi final nantinya.Untuk membuat pengguna android tetap tertarik Android hadirkan beragam fitur baru dan perubahan besar pada tampilannya. Dengan demikian, ini akan menjadi perombakan terbesar di UI setelah bertahun-tahun dengan fokus utama pada privasi dan keamanan.

Merujuk pada versi beta, berikut beberapa bocoran dari Android 12

Penyegaran Visual
Fokus utama Android 12 adalah pada renovasi visual, hal-hal yang hampir sama selama beberapa tahun terakhir. Google menyebut sistem tema ini sebagai UI ‘Material You’. Ia akan mengadaptasi warna aksen wallpaper untuk tampilan yang lebih mulus dan terpadu. Lebih lanjut, pengguna dapat mengubah opsi tema sehingga menghilangkan ketergantungan pada aplikasi pihak ketiga dan paket ikon.Notification shade dan Quick Settings panel juga mendapatkan peningkatan visual karena Notification shade sekarang lebih besar dengan gelembung bulat. Settings panel memberi pengguna lebih banyak kebebasan dalam menu, seperti mengakses Google Play atau Home Control untuk perangkat IoT, memungkinkan pengguna untuk mengontrol seluruh OS dengan swipe and tap.

Dilansir dari Slashgear, perubahan besar lainnya datang dalam bentuk widget, yang sekarang terlihat lebih besar untuk visibilitas yang lebih baik. Sesuatu yang telah diadaptasi Google langsung dari iOS Book dan mengubahnya menjadi lebih sempurna. Pengembang akan memiliki kebebasan untuk menggunakan widget ini karena mereka ingin meningkatkan pengalaman pengguna.

Animasi di seluruh OS telah disegarkan, seperti merobek layar dari tombol daya. Satu perubahan yang menonjol adalah layar kunci yang sekarang memiliki jam default yang lebih menonjol ketika real estat layar kunci kosong dan yang sedikit lebih kecil saat notifikasi ditampilkan.Privasi dan KeamananDilansir dari Techcrunch, privasi adalah keutamaan dari Android 12 build karena lingkungan OS yang sangat terbuka telah menimbulkan banyak ancaman bagi pengguna.Google menawarkan pengguna kontrol privasi yang memungkinkan pengguna melihat aplikasi mana yang mengakses jenis data apa dan kapan, dan fitur privasi lainnya seperti lampu indikator untuk mikrofon dan kamera, alat baca clipboard, dan sakelar baru yang memungkinkan pengguna mematikan akses mikrofon dan kamera di semua aplikasi.

Jika sebuah aplikasi menggunakan izin yang tidak semestinya, maka dapat dicabut dengan mudah dari dasbor. Fitur yang sangat berguna terkait privasi merupakan indikator dari aplikasi interface yang menampilkan ikon izin yang digunakan. Misalnya, aplikasi yang mengakses mikrofon, kamera, dan lokasi akan menampilkan semua ikon ini di sudut kanan atas.Android 12 juga akan menghadirkan folder terkunci yang dapat diakses dengan aplikasi. Dengan cara ini folder dapat diamankan dengan mekanisme penguncian default ponsel untuk mencegah akses yang tidak sah. Hal penting lainnya adalah Privacy Compute Core yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur AI seperti Smart Reply, Now Playing, atau Live Caption tanpa menggunakan tanggal di luar ponsel.

 

Screenshots panjang
Salah satu fitur bawaan yang sudah lama ditunggu pengguna di ponsel Android mereka adalah scrolling screenshot (tangkapan layar panjang). Fitur ini memungkinkan pengguna menangkap seluruh area layar tanpa harus mengambil bidikan satu per satu lalu menyatukannya.Google telah meningkatkan fitur auto-rotate yang lebih halus dan fitur baru yang untuk mendeteksi bagaimana pengguna berinteraksi dengan ponsel. Sistem pengenalan berbasis wajah menggunakan AI untuk mendeteksi pengguna saat berbaring dan tidak akan memicu rotasi otomatis, dibandingkan saat pengguna memutar layar sambil berdiri.Selain itu, menyalin teks tautan dari menu terbaru atau memfasilitasi penyalinan dan penempelan tautan di beberapa aplikasi lain sekarang akan menjadi jauh lebih cepat. Fitur kecil lainnya yang ditambahkan ke OS datang dalam bentuk penggunaan ponsel sebagai remote control TV. Sebagai permulaan, setidaknya akan ada untuk perangkat OS Android TV (termasuk yang mendukung Google TV) seperti Chromecast dengan Google TV.

 

Live Space dan Game Dashboard
Sekilas, widget kini telah diubah sebagai Live Space untuk melampaui informasi cuaca atau kalender biasa. Android 12 diharapkan menambahkan hal-hal seperti informasi toko dan pembayaran berdasarkan lokasi atau rekomendasi media. Pengguna juga dapat memantau informasi saham, informasi olahraga atau gaya hidup.Google Stadia akan menjadi senjata andalan, Android 12 akan hadir dengan dasbor game dengan menghadirkan fitur semacam perekaman layar, tangkapan layar, pengukur FPS, streaming YouTube, menu pengoptimalan game, dan sebagainya dalam menu quick access.

 

Lebih hemat baterai
Google mengklaim sistem operasinya akan sangat lancar dan memiliki pemanfaatan sumber daya perangkat keras yang lebih baik. Sebagai contoh, waktu CPU yang dibutuhkan untuk layanan core system akan berkurang hingga 22 persen, sedangkan penggunaan big cores oleh server sistem akan berkurang hingga 15 persen.Hal tersebut pada akhirnya akan meningkatkan kinerja perangkat secara keseluruhan, dan dengan prosesor dan GPU yang lebih kuat di dalam smartphone, Android akan lebih menarik bagi pengguna yang menggunakan iOS.Android 12 akan dirilis pada bulan September mendatang. Kemungkinan besar Android 12 akan termasuk dalam Pixel 6 yang akan datang dan ponsel andalan lainnya seperti Galaxy S21 dan OnePlus 9 dan diikuti oleh ponsel lain.

 

Kunjungi website Kami : https://trainingeltasa.com/

Atau Kunjungi website kami di alamat : www.expertindo-training.com

Kunjungi website Lainnya: https://e-trainingonline.com/

 

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan? Chat Dengan Kami
PT Expertindo Training
Dengan Expertindo-Training.com, ada yang bisa Kami bantu?