Apa Itu Blockchain?

Apa Itu Blockchain?
February 3, 2022 No Comments » News adminweb

Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat ,terutama pada sistem transaksi.Yang mulanya setiap transaksi yang kita lakukan menggunakan uang fisik, kini kita dapat melakukan pembayaran digital. Salah satu nya adalah teknologi Blockchain. 

 Jadi , apa itu Blockchain ?

Dilansir dari buku Blockchain for Dummies oleh Manav Gupta dijelaskan, blockchain mulanya dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan sistem yang efisien, hemat biaya, andal, dan aman untuk melakukan dan mencatat sebuah transaksi keuangan. Blockchain mulanya digunakan pada bitcoin yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Tak seperti uang tradisional yang diterbitkan oleh bank sentral, bitcoin tidak memiliki otoritas sentral dan tidak ada pihak yang mengontrol.Bitcoin diaktifkan oleh jaringan komputer peer to peer. sumber:- https://money.kompas.com/read/2021/11/13/131301926/apa-itu-blockchain-teknologi-di-balik-bitcoin-dan-mata-uang-kripto?page=all.

Blockchain adalah sebuah rangkaian catatan data yang dikelola oleh sebuah sistem komputer, dimana di dalamnya tidak dimiliki oleh entitas apapun.

Karakteristik Blockchain 

1. Memiliki Hash Kriptografi

2. Bersifat Digital

3. Berbasis Konsesus
4. Jaringan Bersifat P2P
Cara Kerja Blockchain

Blockchain dimulai saat sebuah blok menerima informasi baru. Sistem blockchain terdiri atas transaksi dan blok yang berisikan rangkaian hash kriptografi dan hash blok sebelumnya hingga membentuk jaringan. Blockchain bekerja dengan mencatat informasi yang tidak bisa diubah.

Sifat blockchain yang desentralisasi membuat teknologi ini tidak perlu bergantung pada otoritas eksternal untuk validasi dan integritas keaslian data. Proses ini merupakan proses terdesentralisasi yang biasa terjadi di antara node jaringan untuk memastikan informasi tersebut valid.

Setelah proses desenteralisasi, data akan ditambahkan ke dalam blok baru. Setiap bloknya berisikan hash atau kode unik. Kendati rata-rata transaksi blockchain bersifat investasi, faktanya blockchain bisa menyimpan berbagai jenis informasi di dalam blok yang sama.

Keunggulan Blockchain

  • sistem lebih transparan,Teknologi blockchain efektif menyimpan jejak informasi dan transaksi. Bahkan, sistemnya terbukti aman dan transparan.
  • proteksi data lebih baik,Database blockchain bersifat append only, hanya dapat menambahkan dan tidak bisa diperbaiki. Alhasil, sistem blockchain sulit ditembus oleh hacker.
  • audit lebih baik,Blockchain memungkinkan pengguna mengetahui jejak audit aset yang dimiliki sehingga risiko penggelapan dana dapat diminimalisasi.
  • mencegah biaya middleman,Berkat blockchain, seluruh kegiatan pencatatan dan verifikasi menjadi terarah dan bersifat immutable.

3 pilar teknologi Blockchain

  • Decentralization
  • Transparency
  • Immutability

sumber :https://www.akseleran.co.id/blog/blockchain-adalah/#Cara_Kerja_Blockchain

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published.

Open chat
Butuh Bantuan? Chat Dengan Kami
PT Expertindo Training
Dengan Expertindo-Training.com, ada yang bisa Kami bantu?