FACEBOOK TWITTER INSTAGRAM & WHATSAP SEBAGAI KONSEP NYATA DETERMINISME TEKNOLOGI DALAM MASYARAKAT

FACEBOOK TWITTER INSTAGRAM & WHATSAP SEBAGAI KONSEP NYATA DETERMINISME TEKNOLOGI DALAM MASYARAKAT
July 13, 2021 No Comments » News adminwebsite

Pada bad ke- 21 ini, siapa sih yang tidak mengenal atau bahkan sampai tidak pernah mendengar tentang Facebook dan Twitter. Semua orang pasti mengenalinya, atau paling tidak sudah pernah mendengar namanya. Khususnya di kalangan remaja, hampir seluruh remaja di Indonesia, bahkan mungkin di seluruh dunia mempunyai akun Facebook dan Twitter. Tidak sedikit pula dari anak- anak dan orang dewasa pada masa sekarang ini yang juga telah mempunyai akun di Facebook maupun Twitter. Facebook dan Twitter sudah dapat dibilang sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat, baik itu di Indonesia maupun di dunia. Mereka juga dapat ikatakan sebagai salah satu bentuk nyata konsep determinisme teknologi dalam komunikasi, khususnya komunikasi media massa dalam dunia maya atau media online. Mengapa dapat dikatakan demikian hal ini dikarenakan Facebook dan Twitter seakan- akan telah menjadi suatu bagian yang penting dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia saat ini, khususnya untuk kalangan anak muda.

Dengan kemajuan teknologi saat ini berupa handphone hingga smartphone yang dapat digunakan untuk mengakses dunia maya dengan maksimal, menjadikan Facebook dan Twitter menjadi lebih dekat dengan penggunanya. Akibatnya, para remaja menjadi seakan mempunyai ketergantungan terhadap Facebook maupun Twitter. Hal ini dapat dilihat dalam contoh kehidupan sehari- hari misalnya, remaja saat ini kebanyakan bangun tidur langsung mencari handphone, lalu mengecek notification atau pemberitahuan di Facebook maupun melihat mention di Twitter.  Inilah yang bisa disebut sebagai suatu bentuk nyata konsep determinisme teknologi dimana teknologi sekarang ini sudah memberi peranan penting sehingga sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat, dan juga menciptakan perubahan di dalam kehidupan sosial.

Dalam kamus Ilmu Sosial, disebutkan bahwa determinisme techno- economic, merupakan suatu ajaran bahwa masyarakat sangat ditentukan oleh faktor- faktor teknologi dan ekonomi,( Reading&Hugo F., 1986: 115). Dari sini dapat ditarik pengertian bahwa determinisme teknologi merupakan suatu ajaran bahwa masyarakat sangat ditentukan oleh faktor- faktor teknologi. Dengan kata lain kemajuan teknologi juga turut menjadi faktor penting dalam menentukan kelangsungan dan kelanjutan kehidupan masyarakat.

Masyarakat sudah terhipnotis dengan media sosial sehingga apapun mereka bagi dalam dunia sosial bahkan hingga hal- hal yang sifatnya pribadi. Transisi anta era dalam determinisme teknologi tadi tidaklah bersifat gradual atau evolusif, akan tetapi lebih disebabkan oleh penemuan teknologi komunikasi. Inti dari teori McLuhan adalah penemuan atau perkembangan teknologi komunikasi itulah yang sebenarnya yang mengubah kebudayaan manusia. Jika Karl Marx berasumsi bahwa sejarah ditentukan oleh kekuatan produksi, maka menurut McLuhan eksistensi manusia ditentukan oleh perubahan komunikasi yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi sehingga melahirkan era baru atau revolusi kehidupan masyarakat.

 

Sumber :

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/21/164007469/perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-di-indonesia?page=all

https://himpsi.or.id/blog/makalah-3/post/manusia-indonesia-abad-21-yang-berkualitas-tinggi-ditinjau-dari-sudut-pandang-psikologi-19

http://harryrafli.blogspot.com/2017/10/teori-media-dan-masyarakat.html

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan? Chat Dengan Kami
PT Expertindo Training
Dengan Expertindo-Training.com, ada yang bisa Kami bantu?