GERAKAN LITERASI MENYONGSONG PENDIDIKAN ABAD 21 ERA SOCIETY 5.0

GERAKAN LITERASI MENYONGSONG PENDIDIKAN ABAD 21 ERA SOCIETY 5.0
July 22, 2021 No Comments » News adminwebsite

GERAKAN LITERASI DIGITAL MENYONGSONG PENDIDIKAN ABAD

21 ERA MASYARAKAT 5.0

Gambar Gerakan Literasi Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0

Semakin pesatnya perkembangan teknologi pada abad ke 21 ini, membuat setiap bidang mulai dari perusahaan, pemerintahan bahkan institusi pendidikan mengandalkan teknologi.Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya dalam tingkat kehidupan sosial yang terus berkembang pada masyarakat dunia/seluruh dunia.

Revolusi Industri keempat adalah sebuah kondisi pada abad ke 21 terjadi perubahan besar-besaran diberbagai bidang lewat perpaduan teknologi yang mengurangi sekat-sekat antara fisik dan komputerisasi. Belum usai hiruk-pikuk akibat Revolusi industri 4.0, yang dibarengi berkembangan waktu disrupsi, tiba-tiba kita dikejutkan dengan munculnya Society 5.0.

Konsep Society 5.0 sebenarnya sudah bergulir cukup lama.Konsep ini muncul dalam “Essential Arrangement on Financial and Monetary Administration and Change 2016” yang merupakan bagian dari rencana strategi yang diadopsi Kabinet Jepang, Januari 2016. Konsep Society 5.

Dengan demikian, dukungan diharapkan dan peran pendidikan dan memperkuat karakter dapat meningkatkan daya saing bangsa di tengah persaingan di seluruh dunia pesatnya perkembangan teknologi informasi. Gelombang besar dunia saat ini tak terbendung lagi, yang menghantarkan siapapun yang dapat memanfaatkannya dengan baik namun tak jarang dapat menghancurkan seseorang dengan berbagai cara.

Ketidakpahaman manusia pada tingkat dunia lanjut membuat berbagai media terkomputerisasi yang terjadi di tingkat individu, sosial dan nasional. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pembelajaran dan penguatan karakter merupakan salah satu tantangan bagi para pelaku pendidikan di Indonesia.

Literasi lanjutan yang memuat karakter merupakan sebuah keterampilan dalam berpikir tingkat tinggi, sebagai pendukung dalam mengembangkan sebuah kesuksesan dalam akademis, pribadi dan profesional, memasuki periode Society 5.0 para peserta didik belajar untuk menguasai dunia dengan cerdas dan bijaksana demi masa depan yang cemerlang mereka perlu mempersiapkan diri untuk sistem pembelajaran yang inovatif dalam dunia pendidikan serta mampu menyesuaikan dengan kurikulum sesuai dengan perkembangan teknologi yang nantinya akan mampu membawa peserta didik ke dunia kerja yang modern dan mampu berdaya saing.

Sumber Artikel Gerakan Literasi Digital Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0

  1. http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/8255
  2. http://trisala.salatiga.go.id/index.php/trisala/article/view/130

 

Untuk lebih detail mengenai Gerakan Literasi Digital Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0 dapat diliat di expertindo-training :  https://expertindo-training.com/

 

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan? Chat Dengan Kami
PT Expertindo Training
Dengan Expertindo-Training.com, ada yang bisa Kami bantu?