In House Training Dengerous Goods PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir

In House Training Dengerous Goods PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir
December 12, 2022 No Comments » In House Training adminweb

PT Expertindo yang merupakan perusahaan training dan consulting terbaik di Indonesia mengelar In House Training berjudul Dengerous Goods. Training yang kali ini diikuti 15 peserta yang berasal dari  PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. PT. Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir, atau lebih dikenal dengan JNE EXPRESS, adalah sebuah perusahaan logistik dan ekspedisi barang asli Indonesia yang berkantor pusat di Jalan Tomang Raya No. 11, Jakarta Barat. Adapun pembahasan judul training yang berlangsung tepatnya di kantor cabang Sidoarjo antara tanggal 12 dan 13 Desember 2022 ini adalah sebagai berikut.

Foto In House Training Dengerous Goods PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir

Deskripsi

Menurut Asosiasi Angkutan Udara International (IATA) dalam buku peraturan barang berbahaya (Dangerous Goods Regulation) dan Annex 18 tentang The Safe Transport of Dangerous Goods by Air, bahwa barang berbahaya didefinisikan sebagai berikut: Bahwa suatu barang berbahaya adalah bahan atau zat yang berpotensi dapat membahayakan secara nyata terhadap kesehatan, keselamatan atau harta milik apabila diangkut dengan pesawat udara. Bahaya yang ditimbulkan akan berakibat pada keselamatan penerbangan. Pada dasarnya barang berbahaya dapat diangkut dengan pesawat udara, namun harus memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku, termasuk aturan kemasan dan cara pengemasannya, pemberian label serta penyimpanan dan permuatannya.

Hal ini memberikan petunjuk kepada mereka yang bergerak di bidang penanganan barang berbahaya yang akan dikirim atau diterima, agar tetap menjaga keamanan dan keselamatan terhadap kemungkinan terjadi kecelakaan penerbangan yang disebabkan petugas berwenang yang lalai atau kurang melaksanakan pengawasan yang ketat terhadap barang berbahaya tersebut.

Pada dasarnya barang berbahaya dapat diangkut dengan pesawat udara, namun harus memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku, termasuk aturan kemasan dan cara pengemasannya, pemberian label, serta penyimpanan dan pemuatannya. Apabila petugas yang menangani barang berbahaya menyimpang dari peraturan, maka dimungkinkan adanya bahaya yang akan mencelakakan manusia, merugikan perusahaan atau merusak fasilitas lain. Oleh karena itu, untuk menjamin keselamatan dan pengamanan serta lancarnya pengangkutan barang berbahaya diperlukan penanganan yang sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

Tujuan

Training ini bertujuan agar para peserta mengetahui dan memahami serta lebih peduli terhadap bahaya atau resiko yang disebabkan oleh “dangerous goods”. Selain itu, agar para peserta mengetahui cara identifikasi dan penanganan pada bendabenda berbahaya.

Materi

Materi

1. Pengertian Dangerous Goods.

2. Klasifikasi Barang Berbahaya.

a. Golongan 1 : Explosives.

b. Golongan 2 : Gases.

c. Golongan 3 : Flammable Liquid.

d. Golongan 4 : Flammable Solids

e. Golongan 5 : Oxidizing substances and Organic peroxide.

f. Golongan 6 : Toxic and Infectious Substances.

g. Golongan 7 : Radioactive material.

h. Golongan 8 : Corrosives.

i. Golongan 9 : Miscellianeous Dangerous Goods.

3. Marking and Labelling of Dangerous Goods.

a. Tanda atau Marka (Marking).

b. Tanda-tanda Spesifik Kemasan.

c. Pemasangan Tanda-tanda.

d. Label (Labelling).

1) Jenis Label.

2) Syarat Penempelan Label.

3) Posisi Label dalam Pemasangan.

4. Tabel Barang Berbahaya.

5. Penerapan Penggunaan Daftar Barang Berbaya.

a. Contoh Daftar Barang Berbahaya.

b. Langkah Pemeriksaan Barang Berbahaya.

6. Dangerous Goods Regulation Book.

a. Tata Cara Pengiriman Dangerous Goods.

b. Tanggungjawab Operator atau Airlines.

c. Tugas Station Ramp atau Traffic.

Berisi hasil penilaian setiap kompetensi dan aspek-aspek lain yang diukur, strenght & Weakness, serta recommendation & development needs.

Untuk jadwal training lainnya selain In House Training Dengerous Goods PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir juga menggelar In House Training yang beritanya dapat dilihat di link berikut => In House Training.

Untuk judul dan informasi online training, kunjungi juga website PT Expertindo lainnya di alamat www.e-trainingonline.com

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan? Chat Dengan Kami
PT Expertindo Training
Dengan Expertindo-Training.com, ada yang bisa Kami bantu?