In House Training Need Analysis Balai Besar Kerajinan Batik Kemenperin

In House Training Need Analysis Balai Besar Kerajinan Batik Kemenperin
November 16, 2021 No Comments » In House Training adminweb

PT Expertindo Training sebagai salah satu perusahaan jasa training dan konsultan terkemuka di Indonesia menggelar menggelar in house training berjudul Training Need Analysis. In house training kali diikuti peserta dari Institut Teknologi Bandung dengan jumlah total 20 peserta yang berasal dari beberapa posisi atau divisi. In house training yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 16 hingga 18 November 2021 ini diisi oleh Kunto Wibisono, S.E., M.Si., CHRA yang merupakan Human Resources Professional Trainer & Consultant. Adapun pembahasan materi pelatihan Training Need Analysis adalah sebagai berikut.

Foto In House Training Need Analysis Balai Besar Kerajinan Batik Kemenperin

Deskripsi

Training merupakan suatu kegiatan pengembangan untuk mewujudkan SDM yang kompeten dari segi Knowledge, Skill, dan Ability. Namun, upaya peningkatan kompetensi melalui training haruslah tepat sasaran. Pelaksanaan training harus sesuai dengan kebutuhan SDM yang ada di organisasi atau perusahaan, apabila menginginkan hasil yang optimal dari training tersebut. Sehingga perlu dilakukan Training Need Analysis (TNA) untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kompetensi yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan untuk mengidentifikasi karyawan dan tim mana yang paling membutuhkan training. Training Needs Analysis (TNA) atau analisis kebutuhan pelatihan adalah suatu langkah untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan yang dilakukan sebelum suatu pelatihan berjalan dan merupakan bagian terpadu dalam desain pelatihan dengan output berupa deskripsi tentang materi, sasaran umum dan khusus, alokasi waktu, dan metode pembelajaran yang akan diterapkan dalam pelatihan. TNA dimaksudkan agar agar pelatihan bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi peserta pelatihan dan mendukung strategi perusahaan. Berdasarkan hasil TNA ini akan diketahui pelatihan yang sesuai bagi suatu organisasi saat ini dan di masa yang akan datang.

Tujuan Training Need Analysis

  1. Mengidentifikasi kesenjangan (gap) antara kondisi skill dan knowledge saat ini dengan yang diharapkan.
  2. Merancang rencana program pelatihan dan training plan yang tepat.
  3. Mengidentifikasi jenis pelatihan, metode pelatihan, dan sasaran peserta pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan.
  4. Sebagai dasar penyusunan kurikulum dan materi pelatihan.

Manfaat Training Need Analysis bagi Perusahaan :

  1. Sebagai informasi bahwa program pelatihan yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya peningkatan kompetensi dalam meningkatkan produktivitas kerja.
  2. Sebagai data penentuan peserta training yang benar – benar tepat dan sesuai dengan kebutuhan.
  3. Sebagai dasar dalam menyusun program dan rencana training, sehingga pelaksanaan training berdampak pada peningkatan kompetensi yang dibutuhkan.
  4. Memastikan bahwa penurunan kinerja dan masalah yang ada disebabkan karena kurangnya pengetahuan, ketrampilan dan sikap-sikap kerja, sehingga memang dibutuhkan training sebagai solusinya.
  5. Sebagai dasar penyusunan anggaran pelatihan tahunan.

Foto Pelatihan

Selain Judul In House Training Need Analysis Balai Besar Kerajinan Batik Kemenperin, PT Expertindo juga menggelar berbagai judul perlatihan in house training maupun sertifikasi yang dapat diakses di alamat link berikut Jadwal Training 2021

Kunjungi juga website PT Expertindo lainnya di alamat www.e-trainingonline.com

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan? Chat Dengan Kami
PT Expertindo Training
Dengan Expertindo-Training.com, ada yang bisa Kami bantu?