Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern

Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern
July 14, 2021 No Comments » News adminwebsite

Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce

Di Era Modern

 

Tercatat dalam Revolusi Industri bahwa distrupsi dari industri 1.0 hingga saat ini 4.0 mengalami kecepatan dalam perubahan tahun yang semakin mengecil. Dimana industri 3.0 ke 4.0 menjadi lebih singkat yaitu 50 tahun. Tetapi karena kondisi global kita saat ini krisis ekonomi dan financial hampir di seluruh negara terpuruk, dan terhenti aktivitasnya akibat dari masa pandemi yang tengah terjadi. Berada pada era postmodernisme yang memiliki berbagai perubahan terutama dalam kehidupan masyarakat yang mempengaruhi dunia industri seperti halnya terjadi peningkatan dalam pelayanan di bidang ekonomi dengan peran media massa disini terlihat sangat kuat, dan merubah pola konsumsi masyarakat. Dalam mempersiapkan sebuah usaha diharapkan tidak melupakan budaya yang berkembang saat ini.

Perkembangan ekonomi kreatif ini juga dilakukan oleh salah satu E-Commerce yaitu Shopee, merupakan platform jual beli online yang berbasis mobile apps( Shopee, 2018). Platform belanja terbesar di Indonesia yang mempertemukan penjual dan pembeli secara online, terpercaya, serta dapat memberikan penawaran menarik via website ataupun aplikasi. Mendaftarkan produk jualan dan berbelanja dengan semua penawaran yang menarik dan harga yang terjangkau termasuk gratis ongkir ke seluruh Indonesia( S. M. Maulana& Susilo, 2015). Aplikasi Shopee ini menjual berbagai macam produk, disertai dengan beberapa rekomendasi yang disediakan untuk para konsumen yang menikmati apikasi Shopee itu sendiri( Widya Sastika, 2017). Aplikasi Shopee merupakan salah satu bentuk dari ecommerce dimana setiap proses transaksi antara penjual serta pembeli dilakukan secara daring/ online. Karena semakin banyaknya pengguna yang melakukan transaksi secara online maka secara langsung memberikan dampak yaitu rasa kepercayaan pembeli terhadap keamanan daripada transaksi e- commerce. Dari banyaknya kepentingan perkembangan beragam sektor seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan budaya.  Shopee merupakan salah satu aspek ekonomi yang termasuk modern. Hal ini dikarenakan Shopee ialah aplikasi belanja berbasis daring atau online. Serta dalam proses transaksi jual belinya menggunakan teknologi yaitu gadget.

Cara Shopee memanfaatkan teknologi sangatlah menunjukkan perkembangan ekonomi kreatif di era posmodern 4. 0. Seperti yang kita ketahui sejauh ini teknologi sangat berkembang pesat setiap harinya banyak hal- bal baru dan canggih yang tertera secara online. Shopee sendiri  sekarang dipergunakan pemilik modal untuk menawarkan barang atau jasa secara daring dan dapat menjangkau calon pelanggan yakni pengguna Shopee secara global. Seperti halnya yang dilakukan oleh E-Commerce Shopee mempermudah para pebisnis pada fitur diaplikasinya, yaitu pada saat para konsumen membuka halaman utama aplikasi Shopee, maka hal yang terlihat pertama kali di mata konsumen adalah foto produk yang ditampilkan oleh para penjual. Bagi Shopee kenyamanan adalah hal utama dalam berbelanja, maka dari itu mereka memunculkan foto produk di halaman pertama agar memainkan peran penting untuk mengatasi ketidak mampuan konsumen melihat maupun menyentuh produk secara langsung.

Perkembangan ekonomi kreatif yang dilakukan oleh E-Commerce Shopee, didapati kesimpulannya bahwa Shopee sendiri memiliki strategi pemasaran yang cukup baik bila dibandingkan dengan E-commerce lainnya. Hal ini dikarenakan Shopee memiliki kemasan atau konten yang lebih menarik baik dari Brand Ambassadornya, public figure, fitur, hingga pada penawaran menariknya. Serta melalui E-Commerce industri kreatif, Shopee dianggap akan mampu bersaing meramaikan pasar di tingkat internasional dan pada akan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan perekonomian.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan? Chat Dengan Kami
PT Expertindo Training
Dengan Expertindo-Training.com, ada yang bisa Kami bantu?