Pentingnya Kepribadian untuk Meningkatkan Kinerja dan Kesuksesan Karier

Pentingnya Kepribadian untuk Meningkatkan Kinerja dan Kesuksesan Karier
April 4, 2023 No Comments » Blog adminweb

Pentingnya Kepribadian untuk Meningkatkan Kinerja dan Kesuksesan Karier

Jika seseorang memberitahu Anda rahasia tentang satu jenis kepribadian yang akan menjamin kesuksesan karier Anda, Anda mungkin ingin mengasah kepribadian itu, bukan? Sebuah penelitian mutakhir sudah membocorkan rahasianya.

Ilustrasi Gambar Pentingnya Kepribadian untuk Meningkatkan Kinerja dan Kesuksesan Karier

Kepribadian The Big Five

Para ahli psikologi meneliti lima dimensi kepribadian yang disebut dengan “The Big Five” yang terdiri dari: openness (keterbukaan), conscientiousness (sifat berhati-hati), extraversion (ekstraversi), agreeableness (mudah akur atau mudah bersepakat), dan neuroticism (neurotisme). Model The Big Five digunakan untuk menemukan hubungan antara kepribadian, jenis pekerjaan, dan kesuksesan hidup secara umum. Dengan mengukur lima dimensi kepribadian, kita bisa mengidentifikasikan pekerjaan yang  paling cocok untuk kita. Model ini juga dapat membantu perusahaan merekrut dan mempertahankan pegawai dengan kepribadian yang sesuai untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu. Misalnya, jika Anda seorang pegawai yang pendiam, pemalu, dan lebih suka bekerja sendirian, mungkin pekerjaan bagian sales yang penuh dengan tekanan bukan pilihan yang akan Anda sukai.

Hasil Studi: Satu Jenis Kepribadian yang Meningkatkan Kinerja dan Kesuksesan Karier

Studi yang diterbitkan Personality and Social Psychology Review edisi Februari 2022 mengungkap satu sifat dari The Big Five yang paling berkontribusi dalam peningkatan kinerja dan kesuksesan karier, yaitu agreeableness. Mengapa bisa begitu? Karena jika Anda orang yang agreeable, Anda baik hati, sopan, mudah didekati, serta bisa bekerja sama. Anda cenderung lebih optimis, bisa dipercaya, dan tidak suka bermusuhan. Temuan dari studi ini menghasilkan delapan tema umum yang menggambarkan bagaimana sifat agreeableness memberikan manfaat baik bagi karyawan dan perusahaan:

  1. Transendensi diri. Memiliki aspirasi untuk mengembangkan diri dan motivasi untuk menunjukkan kepedulian terhadap orang lain.
  2. Menerima hidup apa adanya, dan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan konteks dan institusi baru.
  3. Investasi relasional. Motivasi untuk menumbuhkan dan memelihara hubungan yang positif dengan orang lain.
  4. Memiliki kapasitas empati untuk mengkoordinasikan tujuan dengan orang lain dan kemampuan untuk bekerja sama secara efektif demi mencapai tujuan bersama, apa pun pekerjaannya.
  5. Investasi kerja. Kesediaan untuk mengeluarkan usaha untuk pekerjaan yang dilakukan, bekerja secara berkualitas, dan tanggap terhadap lingkungan kerja.
  6. Menurunkan penekanan terhadap hasil. Pada umumnya tidak terlalu mengedepankan tujuan dan hasil pekerjaan yang bersifat pribadi dan kecenderungan untuk bermurah hati ketika menilai kinerja orang lain.
  7. Orientasi norma sosial. Memiliki kepekaan yang lebih besar dan rasa hormat terhadap perilaku yang sejalan dengan norma dan aturan sosial serta tidak melanggar peraturan dan menghindari perbuatan yang salah.
  8. Kapasitas sosial. Memiliki kapasitas untuk berintegrasi ke dalam peran dan institusi sosial dan kemungkinan untuk tidak bertindak jahat, antisosial, dan berkhianat.

Menerapkan agreeableness bukan berarti kita selalu mengiyakan orang lain dan bisa dimanfaatkan. Agreeableness berarti kita dapat menyenangkan sudut pandang rekan kerja tanpa harus berdebat atau bersikap defensif. Kita bersedia menangguhkan sudut pandang kita untuk sementara, mencoba melihat perspektif orang lain, dan mencari solusi kolaboratif. Kita tidak membiarkan diri kita ditindas atau pun mendukung kinerja yang buruk. Agreeableness membawa kita keluar dari kebuntuan dari sudut pandang kita sendiri dan memungkinkan kita melihat situasi dari sudut pandang rekan kerja bahkan meskipun kita tidak setuju. Hal ini dapat membantu kita untuk menanggapi masalah pekerjaan dengan sedikit permusuhan dan lebih banyak kedewasaan, objektivitas, keadilan, dan kesetaraan.

Komunikasi adalah Kunci

Dilansir dari Forbes, kunci untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat adalah komunikasi yang baik. Agreeableness antara manajer, karyawan, dan rekan kerja bersifat timbal balik, saling menguntungkan, mengalir bebas dan memiliki lima kualitas berikut:

  1. Kedua belah pihak bersedia untuk berkomunikasi secara terbuka tentang masalah dan kekhawatiran di tempat kerja.
  2. Tidak ada pihak yang ingin berkonflik, mengkritik atau menginterpretasi dengan negatif atas tindakan masing-masing.
  3. Kedua belah pihak mengupayakan hubungan yang harmonis melalui empati dan menghormati sudut pandang pihak lain.
  4. Sering memberikan penghargaan yang luar biasa. Di sini kedua belah pihak menerima kasih sayang dan empati serta memiliki dorongan yang kuat untuk membagikannya.
  5. Kedua belah pihak menggunakan strategi menang-menang, bukan pendekatan menang-kalah, yang secara otomatis menghilangkan ketegangan dan konflik sehingga kedua belah pihak diuntungkan.

Untuk meningkatkan kepribadian dan improve dalam karir serta dunia kerja, maka Kami, Expertindo Training memiliki beberapa judul training yang bisa diikuti diantaranya =>

Referensi

Robinson, B. (2022, April 3). One personality trait enhances job performance and success the most, new study finds. Forbes. https://www.forbes.com/sites/bryanrobinson/2022/04/03/one-personality-trait-enhances-job-performance-and-success-the-most-new-study-finds/?sh=48224a032848

Wilmot, M. P., & Ones, D. S. (2022). Agreeableness and its consequences: A quantitative review of meta-analytic findings. Personality and Social Psychology Review, 26(3). https://doi.org/10.1177/10888683211073007.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan? Chat Dengan Kami
PT Expertindo Training
Dengan Expertindo-Training.com, ada yang bisa Kami bantu?