Training dan Sertifikasi Petugas Pengambil Contoh Udara PT Cakrawala Bima Instrument

Training dan Sertifikasi Petugas Pengambil Contoh Udara PT Cakrawala Bima Instrument
December 13, 2022 No Comments » In House Training adminweb

PT Expertindo yang merupakan perusahaan training dan consulting terbaik di Indonesia mengelar Training dan Sertifikasi berjudul Petugas Pengambil Contoh Udara. Training ini diikuti 25 peserta yang berasal dari  PT. Cakrawala Bima Instrument. PT Cakrawala Bima Instrument merupakan perusahaan penyedia & servis alat uji lingkungan, laboratorium, kesehatan, keamanan, sistem integrator, mesin antrian, serta pembuatan ONLIMO, SPARING dan IPAL, dengan berbasis IoT. Adapun pembahasan training yang juga disertai sertifikasi dari PPSDM Migas Cepu antara tanggal 12 dan 13 Desember 2022 ini adalah sebagai berikut.

Foto Training dan Sertifikasi Petugas Pengambil Contoh Udara PT Cakrawala Bima Instrument

Deskripsi

Program ini berisi tentang bimbingan teknik dan ujian sertifikasi untuk mendapatkan sertifikasi bidang Petugas Pengambilan Contoh Udara. Sampling adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengambil sebagian kecil dari material yang diuji, yang mana material ini dianggap mewakili dari sejumlah material yang ada. Sampel uji adalah sejumlah kecil bahan hasil dari kegiatan sampling di lapangan.

Tujuan

Program sertifikasi ini bertujuan untuk mengukur kompetensi pekerja dibidang petugas pengambilan contoh minyak dan gas bumi sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 252 Tahun 2017 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Petugas Pengambilan Contoh Minyak dan Gas Bumi yang meliputi kompetensi perencanaan kegiatan sampling, melakukan sampling crude oil dan kondensat, Bahan Bakar Minyak (BBM), Bahan Bakar Nabati (BBN) dan minyak pelumas, Bahan Bakar Gas (LNG, CNG,LPG, BBG) air dan air limbah industri migas, udara ambien dan emisi sesuai perencanaan serta melakukan penanganan contoh hasil sampling.

Unit Kompetensi

Kode Unit Kompetensi
B.09PPC00.001.2 Merencanakan Kegiatan Sampling
B.09PPC00.002.2 Melakukan Sampling sesuai Perencanaan
B.09PPC00.003.2 Melakukan Penanganan Contoh Hasil Sampling

 

Persyaratan Pemohon Sertifikasi

  1. Surat Keterangan Sehat yang menyatakan : kemampuan fisik penglihatan (tidak buta warna), pendengaran baik, mobilitas/tidak cacat fisik.
  2. Ijazah minimal setingkat SLTA.
  3. Pemohon memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun di Bidang Pengambilan Contoh Minyak Bumi.
  4. Jika pemohon belum memiliki pengalaman kerja, minimal memiliki Sertifikat pelatihan berbasis kompetensi (PBK) pada Lembaga Diklat Profesi (LDP) dengan waktu 124 Jam Pelatihan (JP).
  5. Untuk menjamin persyaratan telah dipenuhi, Pemohon diwajibkan mengumpulkan fotokopi ijasah terakhir yang dimiliki, Surat Keterangan Dokter pemerintah/Puskesmas dan Surat Keterangan Pengalaman Kerja/magang dari perusahaan.
  6. Pemohon dihimbau menyediakan sendiri alat yang dibutuhkan untuk praktik.
  7. Pemohon Sertifikasi dihimbau menyediakan sendiri alat yang dibutuhkan untuk praktik.Pemohon yang memiliki sertifikat kompetensi sebelumnya di luar PPSDM MIGAS maka :
  8. Tidak direkomendasikan untuk kenaikan level.
  9. Untuk sertifikasi ulang harus mengikuti uji kompetensi di level yang sama dari awal.

Untuk jadwal training lainnya selain Training dan Sertifikasi Petugas Pengambil Contoh Udara PT Cakrawala Bima Instrument juga menggelar In House Training yang beritanya dapat dilihat di link berikut => In House Training.

Untuk judul dan informasi online training, kunjungi juga website PT Expertindo lainnya di alamat www.e-trainingonline.com

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan? Chat Dengan Kami
PT Expertindo Training
Dengan Expertindo-Training.com, ada yang bisa Kami bantu?