Training Need Analysis PT Expertindo Oktober 2020

Training Need Analysis PT Expertindo Oktober 2020
October 26, 2020 No Comments » Artikel adminweb

PT Expertindo Sebagai salah satu perusahaan jasa training dan konsultan terkemuka di Indonesia, selama masa pandemi telah sukses menyelenggarakan puluhan judul training yang berbeda dengan ratusan peserta dari berbagai instansi yang tersebar di seluruh Indonesia (Baca Artikel Lengkapnya di Sini). Pada minggu keempat Oktober, tepatnya tanggal 26 hingga 27 Oktober 2020, Yogyakarta kembali menjadi tempat kota penyelenggaraan training publik yang tepatnya diadakan di Hotel Ibis Malioboro Yogyakarta. Training yang digelar kali ini berjudul Need Analysis yang diikuti peserta dari instansi Pusdiklat TVRI Yogyakarta. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, tim Expertindo selalu siap menyelenggarakan publik training tatap muka, baik di Yogyakarta maupun kota besar Indonesia lainnya.

Foto Training Need Analysis PT Expertindo Oktober 2020

Agar staff memiliki kompetensi sesuai dengan jabatan dan fungsinya maka analisis kebutuhan training merupakan langkah awal untuk mengidentifikasi jenis training yang sesuai dengan  kebutuhan karyawan. Tanpa Training Need Analysis (TNA) atau Analisis Kebutuhan Training dapat mengakibatkan kerugian bagi individu karyawan, divisi, maupun perusahaan pada jangka panjang. Analisis  kebutuhan pelatihan merupakan langkah pertama dari siklus penyusunan program pelatihan.

Langkah ini juga sekaligus sangat penting karena salah dalam melakukan kegiatan ini mengakibatkan berbagai kegiatan berikutnya menjadi salah yang pada akhirnya pelatihan tidak memberikan hasil apa-apa bagi organisasi. Ketepatan dalam analisa kebutuhan training merupakan titik kunci keberhasilan pengembangan skill dan knowledge karyawan. Sesudah proses training selesai maka langkah selanjutnya adalah evaluasi hasil pelatihan. Terdapat 4 level model dalam mengevaluasi keefektifan hasil pelatihan . Training ini akan membahas bagaimana menyusun kebutuhan training dan bagaimana mendesain evaluasi training.

Tujuan

  1. Mengetahui bagaimana kerangka berpikir dalam penyusunan program pelatihan
  2. Memastikan kebutuhan pelatihan terkait dengan sasaran organisasi
  3. Mengetahui berbagai level kebutuhan pelatihan
  4. Mengetahui berbagai cara melakukan identifikasi kebutuhan pada tiap-tiap level
  5. Mengetahui kaitan antara hasil identifikasi kebutuhan pelatihan dengan penyusunan sasaran serta evaluasi hasil pelatihan.
  6. Mampu menyusun rencana evaluasi pelatihan dan tindak lanjut

Materi

1. Pendahuluan
– Sasaran Pelatihan
– Harapan Peserta
– Kerangka Berpikir Penyusunan Program Pelatihan
– Hasil Akhir Identifikasi Kebutuhan Pelatihan.
2. Tiga Level Analisis
– Analisis Level Organisasi
– Analisis Level Pekerjaan
– Analisis Level Individu
3. Analisis Level Organisasi
– Definisi Level Organisasi
– Metode Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Level Organisasi
4. Analisis Level Pekerjaan
– Definisi Level Pekerjaan
– Metode Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Level Pekerjaan
5. Analisis Level Individu
– Definisi Level Individu
– Metode Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Level Individu.
6. Evaluasi hasil pelatihan  pada level reaksi, level knowledge, level behavior dan level Result
7. Workshop menyusun TNA dan menyusun evaluasi training

Selain Training Need Analysis PT Expertindo Oktober 2020, PT Expertindo juga menggelar In House Training yang beritanya dapat dilihat di link berikut => In House Training.

Untuk judul dan informasi online training, kunjungi juga website PT Expertindo lainnya di alamat www.e-trainingonline.com

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Dengan Expertindo-Training.com, ada yang bisa Kami bantu?