Training Perpustakaan Digital Universitas Lancang Kuning

Training Perpustakaan Digital Universitas Lancang Kuning
October 18, 2022 No Comments » Artikel adminweb

Pada minggu ketiga Oktober 2022, PT Expertindo sebagai salah satu perusahaan training dan consulting terbaik di Indonesia menggelar training dengan berbagai judul di Yogyakarta. Salah satu judul training yang berlangsung adalah Perpustakaan Digital diikuti  peserta yang berasal dari  Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning. Universitas Lancang Kuning (UNILAK) adalah salah satu Perguruan Swasta di Riau, yang mengedepankan budaya melayu sebagai etika sehari-hari. Dengan keunggulan di bidang akademik, prasarana kampus yang moden, dan konsep kampus berwawasan lingkungan. Adapun pembahasan judul training yang berlangsung di tanggal 17 dan 18 Oktober 2022 adalah sebagai berikut.

Foto Training Perpustakaan Digital Universitas Lancang Kuning

Deskripsi

Perpustakaan adalah suatu organisme yang hidup dan tumbuh mengikuti perkembangan peradaban masyarakatnya. Perpustakaan berkembang mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakatnya. Teknologi informasi dan komunikasi atau information and communication technology (ICT) telah membawa perubahan dalam berbagai sector, termasuk dunia perpustakaan. Perpustakaan digital diperlukan untuk mendukung pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat. Perubahan paradigm ini menempatkan perpustakaan sebagai sumber daya informasi yang sangat penting karena dimungkinkan akan memberikan kemudahan pada pemustaka dalam aksesibilitas informasi di perpustakaan. Perpustakaan ideal yang mampu memenuhi keinginan pengguna adalah perpustakaan yang menyediakan informasi yang memadai atau menyediakan akses kepada berbagai sumber informasi, dapat diakses kapan saja, dimana saja dan dipandu oleh professional pustakawan. Hal ini sebagai akibat dari perkembangan aplikasi TI dalam kehidupan masyarakat luas. Pelatihan Perpustakaan Digital ini membahas dua tema, yakni manajemen perpustakaan digital dan aplikasi perpustakaan digital.

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini,diharapkan dapat :

1. Memberikan pengetahuan tentang pentingnya perpustakaan digital.
2. Memberikan ketrampilan dalam mengelola koleksi digital
3. Memberikan bekal pengetahuan bagaimana mendapatkan sumber informasi digital, dan
4. Memberikan ketrampilan bagaimana menyajikan informasi kepada pemakai.

Materi

1. Perencanaan Perpustakaan Digital

Materi ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada peserta mengenai apa saja yang harus disiapkan dalam Perpustakaan Digital. Dalam materi ini dibahas antara lain tentang apa yang dimaksud dengan manajemen Perpustakaan Digital, mengorganisasi SDM, informasi, dan sarana perpustakaan Digital.

2. Manajemen Sumber Informasi Digital

Memberikan pengetahuan kepada peserta tentang macam sumber informasi ditinjau dari segi media, format, dan subjeknya. Peserta dikenalkan dengan jenis informasi didasarkan pada bentuk medianya, yaitu media cetak, media elektronik, dan media online. Peserta juga dikenalkan dengan jenis sumber informasi berdasarkan atas subjeknya.

3. Pelayanan Informasi Digital

Peserta diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan fungsi manajemen dalam layanan perpustakaan digital. Materi ini meliputi pengertian layanan, aspek layanan dalam penyelenggaraan perpustakaan digital, hakekat dan asas layanan, sistem layanan, jasa layanan, program kerja layanan, promosi layanan perpustakaan dan kerjasama perpustakaan digital (resource sharing).

4. Aplikasi Software untuk Perpustakaan Digital

Peserta pelatihan mengetahui aplikasi software yang dapat digunakan oleh perpustakaan digital, memahami konsep dasar automasi perpustakaan, perkembangan konsep dan software otomasi ke depan serta mampu menggunakan software automasi perpustakaan digital.

5. Digitalisasi Dokumen

Peserta diharapkan mampu mengelola dan mengolah informasi sesuai dengan perkembangan perpustakaan saat ini. Peserta diberi ketrampilan untuk mendapatkan sumber informasi, pengolahan informasi serta penyediaan informasi. Proses digitasi dan scanning documen dipelajari dalam sesi ini.

6. Penelusuran Informasi Digital

Peserta mendapatkan pengetahuan penelusuran informasi digital, tip dan trik menggunakan search engines, sampai tahap evaluasi hasil penelusuran.

 Penelusuran Digital : Search Engines

 Pengenalan Search Engines [Piranti Pencari] dan Metasearch

 Penelusuran Informasi menggunakan Search Engines [Google, Lycos, Altavista, dsb]

 Tip dan Trik Pesertaan Search Engines

 Penelusuran Digital : Database Online

 Pengenalan Database Online

 Penelusuran Informasi menggunakan Database Online [Ebsco, Proquest, dsb]

 Tips dan Trik Pesertaan Database Online

Untuk jadwal training lainnya selain Training Perpustakaan Digital Universitas Lancang Kuning juga menggelar In House Training yang beritanya dapat dilihat di link berikut => In House Training.

Untuk judul dan informasi online training, kunjungi juga website PT Expertindo lainnya di alamat www.e-trainingonline.com

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan? Chat Dengan Kami
PT Expertindo Training
Dengan Expertindo-Training.com, ada yang bisa Kami bantu?